Senin, 08 Februari 2016

8 Tips Memilih Makanan Yang Sehat Untuk di Konsumsi






Tips memilih makanan yang sehat - Makanan yang sehat adalah hal yang harus kita perhatikan dalam memenuhi kebutuhan konsumsi sehari-hari. Makanan yang sehat memiliki peranan yang besar dalam menjaga dan meningkatkan kekebalan imun manusia. Kita harus berhati-hati memilih makanan, karena jaman sekarang banyak sekali makanan yang tidak layak konsumsi di pasaran. Banyak juga pedagang-pedagang nakal yang menjual makanan mengandung bahan kimia berbahaya, seperti boraks, formalin, pewarna pakaian, pengawet kimia dan sebagainya. Wah sungguh mengerikan bukan? Nah untuk itu mulai dari sekarang lebih bijaklah dalam memilih makanan, jangan tergiur dengan makanan yang berwarna cerah atau rasanya enak, tetapi mengandung bahan kimia berbahaya yang memicu berbagai penyakit untuk tubuh kita.

Di sini kita akan berbagi tips memilih makanan yang sehat. Tidak susah kok memilih antara makanan yang sehat dan yang tidak sehat. Berikut ini adalah beberapa tipsnya.

1.Jika anda penggemar makanan kemasan, seperti cemilan, minuman berkaleng dan aneka snack yang ada di pasaran. Sebelum membeli sebaiknya anda melihat tanggal kadar luarsa dibalik kemasan makanan atau minuman tersebut. Karena kalau makanan seperti ini sudah kadarluasa lebih banyak mengandung bakteri yang dapat memicu penyakit bagi tubuh anda.
2.Hindari jajanan yang berwarna mencolok, karena itu pasti menggunakan pewarna berbahaya. Lebih baik konsumsi makanan yang tidak berwarna sama sekali.
3.Untuk konsumsi sayuran dan buah, pilih lah yang organik. Karena makanan organik lebih sehat, tidak mengandung bahan kimia seperti peptisida yang dapat merusak sel-sel tubuh jika dikonsumsi bersamaan dengan makanan yang kita makan. Memang makanan organic lebih mahal, tapi tidak ada salahnya untuk investasi kesehatan anda.
4.Kalau harga makanan organic tidak terjangkau untuk anda, sah-sah saja anda memilih makanan non-organik. Tapi minimalkan kadar pestisidanya dengan cara mencuci sayuran atau buah di bawah air mengalir, dan kupas kulit buah-buahan sebelum memakannya.
5.Pilih lah bahan makanan local ketimbang makanan impor. Karena makanan impor yang dikirim dari jarak jauh memiliki kadar O2 yang lebih sedikit dan pastinya itu disuntikan bahan kimia agar lebih tahan lama. Tentu makanan impor tidak sehat.
6.Jika anda penggemar daging sapi atau ayam. Masaklah hingga benar-benar matang. Jika daging masih setengah matang mengandung parasit toksoplasmosis, bakteri salmonella atau  mikroba lainnya yang dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan, terutama diare dan keracunan.
7.Kurangi makanan olahan daging, seperti sosis, nugget, dan daging asap. Senyawa nitrat yang digunakan sebagai pengawet produk ini, dalam jumlah yang berlebihan akan menjadi senyawa kimia lain, yang di dalam tubuh bisa mengganggu kelancaran aliran darah.
8.Pilih makanan yang mengandung banyak vitamin dan mineral ketimbang gula atau lemak jahat. Karena vitamin dan mineral adalah zat yang berperan dalam meningkatkan pertumbuhan sel dan mempertahankan imun tubuh.

Itulah tips memilih makanan yang sehat untuk tubuh. Jika anda ingin hidup sehat dan bebas dari ancaman penyakit, maka mulailah bijak dalam mengatur konsumsi anda sehari-hari. Terapkan tips yang sudah dijelaskan di atas jika anda ingin terhindar dari bahan-bahan kimia berbahaya dalam makanan yang anda konsumsi. Semoga tips di atas dapat membantu dan bermanfaat.

0 komentar:

Posting Komentar