Senin, 08 Februari 2016

Begini Cara Mudah Reset Ulang HP Android Seperti Baru

Begini Cara Mudah Reset Ulang HP Android Seperti Baru

Cara Mudah Reset Ulang HP Android Seperti Baru

Buat Anda para pengguna smartphone Android pasti pernah mengalami kendala saat mengoperasikan, semisal hp Android eror atau tidak dapat bekerja. Hal tersebut tentu saja sangat mengganggu pekerjaan Anda, karena seperti diketahaui bersama handphone merupakan alat komunikasi yang sangat penting untuk kehidpan sehari-hari. Jika Anda mengalami kendala pada smartphone Android dan ingin me-reset ulang berikut adalah Cara Mudah Reset Ulang HP Android Seperti Baru.
Cara mengembalikan semua aplikasi HP Android seperti baru ini disebut dengan Recovery Mode. Recovery Mode Android merupakan menu pada Android yang berfungsi untuk memperbaiki kerusakan software Android. Ada beberapa tipe smartphone Android, upgrade software dapat dilakukan langsung melalui recovery mode, namun tidak semua smartphone maupun tablet Android memiliki recobery mode. Untuk hal ini, beberapa tipe handphone Android dapat diatasi dengan meng-install recovery mode buatan pihak ketiga seperti ClockwordMod recovery atau xRecovery.
Untuk reset ulang hp Android biasaya dilekukan melalui menu Setting – Privacy – Factory Data Reset, itu adalah cara umum untuk me-reset ulang HP Android. Bila kondisi smartphone tidak memungkinkan untuk start ataupun masuk ke menu, maka factory reset harus melalui recovery mode. Cara Reset Ulang HP Android dengan Recovery Mode ini akan sangat membantu jika smartphone mengalami hal-hal berikut :
  • HP Android tidak dapat start maupun hanya berhenti di logo hal ini biasa disebut dnegan“boot loop android”. Hal tersebut pun juga bisa disebabkan oleh beberapa hal semisal karena aplikasi yang eror ataupun meng-install aplikasi yang tidak ompatibel dengan tipe HP digunakan.
  • Lupa PIN atau Pasword atau bahkan terlalu banyak mencoba pola pengunci handphone sehingga tidak dapat masuk ke menu.
  • Smartphone Android bermasalah misalnya smartphone bisa menyala namun tidak dapat merespon input dari pengguna seperti layar Adroid yang tidak mau dioperasikan.
  • Kerusakan-kerusakan software Android lain yang memungkinkan kita tidak dapat me-reset ulang handphone Android melalui menu factory reset.

Langkah – Langkah Reset Ulang HP Android

Masuk ke Recovery Mode

Cara untuk masuk ke Recovery Mode Android yakni dengan mematikan gadget terlebih dahulu yakni dengan menekan dan tahan tombol Android secara bersamaan. Misalnya untuk smartphone Andrid Samsung Galaxy Young S5360 dengan cara tekan tombol volume up + home + power secara bersamaan, dan langsung akan masuk ke menu Recovery Mode. Mengenai cara masuk ke Recovery Mode setiap smartphone memiliki tombol yang harus ditekan berbeda-beda.
Dalam Recovery Mode hanya akan terdapat tampilan tulisan saja, selain itu dalam Recovery Mode layar sentuh smartphone pada umumnya tidak akan berfungsi. Untuk mengatur atau menavigasi layar hanya perlu menggunakan tombol volume namun hal ini juga terantung kepada tipe handphone yang digunakan. Contoh tampilan Recoveri Mode bisa lihat gambar di bawah ini.
Begini Cara Mudah Reset Ulang HP Android Seperti Baru,

Lakukan Wipe Data / Factory Reset

Langkah selanjutnya setelah berhasil masuk ke Recovery Mode yakni melakukan Wipe Data / Factory Reset, dan restart handphone Android. Contoh cara melakukan factory reset pada HP Android amsung Galaxy Young:
  • Yang perlu diperhatikan pertama sebelum melakukan factory Reset yakni kapasitas baterai harus cukup banyak minimal 70 %.
  • Langkah kedua dengan mematikan hanphone android
  • Tekan tombol Volume Up + tombol home + tombel Power bersamaan selama beberapa detik dan Anda akan masuk ke Recovery Mode Android
  • Pada tampilan Recovery Mode pilih tulisa Factory Reset / Wipe Data, dengan cara menggunakan tombol volume untuk mengarahkan kursor
  • Lalu tekan tombol home untuk memulai proses setalh proses selesai kemudian Reboot handphone
Yang perlu diingat untuk masuk ke Recovery Mode adalah handphone Android harus dalam keadaan mati. Mengenai kasus Bootloop, jika setelah dilakukan factory reset namun tidak menyelesaikan masalah atau perangkat Android tetap tidak dapat masuk ke menu, untuk engatasi masalah ini pada umumnya yakni dengan melakukan flash firmware atau meng-install ulang sistem operasi handphone. Namun setiap tipe handphone juga memiliki cara berbeda untuk melakuka flash firmware.
Seperti sudah sempat saya bahas diawal bahwa cara untuk masuk ke Recovery Mode setiap tipe handphone Android memiliki cara yang berbeda-beda. Berikut adalah cara masuk ke Recovery Mode beberapa Handphone Android, lihat selengkapnya dibawah ini :
  • Samsung Galaxy Mini, Samsung Galaxy Ace, Galaxy Gio Galaxy Fit (Tekan tombol Home yang berada ditengah + Power, dan tunggu sampai muncul logo samsung)
  • Samsung Galaxy Pro (Tekan tombol T + Tombol Power)
  • Samsung Galaxy 551 (Tekan tombol huruf T + tombl Power. Untuk menavigasi atas bawah pakai tombol panah dan untuk melakukan pilihan pakai tombol shift)
  • Samsung Galaxy Young GSM (Tekan tombol Volume Up + tombol Home + tombol Power secara bersamaan selama beberapa detik
  • Samsung Galaxy Young CDMA ( Matikan HP > Tekan tombol Power, saat muncul logo Samsung > tekan Volume Up sampai masuk ke Recovery Mode)
  • Samsung Galaxy Wonder (Tekan tombol Volume Up + tombol Home + tombol Power secara bersamaan > tunggu samapi keluar logo Samsung > tekan tombol MENU (tombol sebelah kiri dari tombol HOME))
  • Samsung Galay Tab 7(P1000) / Tab 7 Plus (P6200): (Matikan Tablet > Tekan tombol Volume UP + Tombol Power secara bersamaan sampai layar menyala)
  • Samsung Galaxy Note N7000 (Tekan tombol Volume UP+Home+Power > tunggu sampai muncul tulisan Galaxy Note, setelah itu lepas ketiga tombol tersebut). Jika Anda pengguna Galaxy Note dengan OS Ice Cream Sandwich android 4.0.x, sebaiknya jangan melakukan factory reset karena ROM ini memiliki bug yang dapat merusak HP menurut beberapa pengguna.
  • Samsung Galaxy Mini II S6500 (Tekan tombol Volume up+ Volume down + Tombol Home + Tombol Power secara bersamaan)
  • Samsung Galaxy Chat GT-B5330 (Tekan tombol Volume Down + Home + Power)
  • Samsung Galaxy Ace Plus (Tekan tombol Vol UP + Vol Down + Tombol HOME bersamaan lalu selagi ketiga tombol tersebut ditekan, tekan tombol POWER lalu langsung dilepas (jangan ditahan). Tunggu sampai masuk menu recovery baru lepas semua tombol)
  • LG L3 E400 (Tekan Tombol Tengah + Volume Atas + Tombol Power > tunggu sampai muncul logo LG kemudian lepas tombol power)
  • Advan T1c (Tekan tombol POWER, setelah mulai start-up, tekan tombol Volume Down hingga keluar gambar Android dan Segitiga + tanda seru /!\. Setelah itu tekan tombol HOME untuk masuk ke recovery mode. Bila tombol HOME tidak berfungsi, coba tekan tombol MENU)
  • Acer BeTouch E210 dan Acer Liquid Metal (Tekan Tombol Volume Down + Camera + Power Secara bersamaan > Ikuti petunjuk di layar)
  • Cross A1 Tabmate (Tekan dan tahan tombol Vol Down lalu tekan tombol POWER (keduanya jangan dilepas sampai masuk recovery mode))
  • Cross A6T TabMate (Tekan Tombol Home + Volume Up + Tombol Power)
  • Cross AD350 (Tekan tombol HOME + Volume Down + Tekan tombol Power > akan muncul tanda /!\ > tekan tombol HOME)
  • Blueberry CSL Mi 410 (Tekan dan tahan tombol Volume Up + Volume Down + Power secara bersamaan > lalu tekan tombol HOME)
  • Blueberry CSL Mi 320 (Tekan Trackpad + tombol Volume Up + Power bersamaan)
  • Smartfren Andromax (Tekan dan tahan tombol Power + Volume Down, jika sukses masuk ke recovery mode, gunakan tombol Vol UP/Down untuk memilih menu. Utk melakukan pilihan, tekan tombol MENU yang terletak di sebelah tombol HOME atau tombol touch screen yg bergaris 4)
  • IMO Tab Z5 (Tekan Tombol Power + Volume Down secara bersamaan > saat ada tampilan IMO, lepas tombol Power (Tombol Volume tetap ditahan))
  • IVIO DE88 (Tekan dan tahan Tombol Camera + Tombol HOME > tunggu hingga muncul logo Android, langsung tekan tombol MENU+BACK bersamaan. Navigasi menggunakan tombol Volume, untuk memilh atau OK gunakan tombol Camera)
  • Huawei X3 dan X5 (Tekan dan tahan tombol vol up + tombol Power)
  • Huawei S7 (Tekan tombol MENU + Call + Power)

Itulah sedikit informasi yang dapat saya sampaikan mengenai Cara Mudah Reset Ulang HP Android Seperti Baru, semoga informasi tersebut bermanfaat serta dapat membantu Anda dalam mengatasi smartphone Android

sumber : http://smeaker.com

0 komentar:

Posting Komentar