Jumat, 05 Februari 2016

Tips Copas Artikel dari Microsoft Word ke Joomla

Mengcopy paste artikel dari Microsoft Word ke Joomla bisa merusak style template. Hal ini dikarenakan artikel yang ditulis di Microsoft Word memiliki markup-markup khusus yang seringkali konflik jika dipasangkan ke Joomla. Untuk melihat markup khusus hasil copas di teks editor Joomla maka anda cukup merubah teks editor ke mode "html".
Artikel yang dicopas dari Microsoft Word biasanya akan memiliki style yang sama pada saat di pastekan di teks editor Joomla. Disinilah kita sering terlena. Joomla tidak bisa serta merta membersihkan markup bawaan Microsoft Word. Untuk mengatasi konflik style antara MIcrosoft Word dan Joomla maka anda bisa memindahkan dahulu artikel yang sudah anda buat di Microsoft Word ke Notepad dan selanjutnya dari notepad anda pindahkan ke teks editor Joomla.
Secara otomatis Notepad akan membersihkan markup bawaan Microsoft Word. Selanjutnya jika anda  ingin mengedit artikel maka anda bisa menggunakan mode WYSIWYG Joomla yang bisa anda temukan di teks editor Joomla seperti TinyMCE.
Jika anda menginstall plugin teks editor "JCE" dan menggunakannya sebagai teks editor Default Joomla maka ada cara lebih cepat dan mudah untuk membersihkan markup bawaan Microsoft Word
1. Login ke halaman Administrator Joomla >> pilih menu "Component" >> pilih submenu "JCE Editor"
kursus website toko online
2. Setelah masuk ke jendela JCE pilih "Editor Profiles"
kursus website toko online
3. Selanjutnya klik tab "Editor Parameter". Pada bagian "Cleanup & Output" ini anda bisa mensetting untuk mengaktifkan penghapusan Markup-markup bawaan ketika melakukan Copas.
kursus website toko online
4. Pada opsi "Relatif URLs" pilih "Yes". "Validate HTML" dan "Doctype" pilih "Inherit"
5. Jika mode sudah anda setting maka anda bisa dengan aman mengcopy pastekan artikel dari Microsoft Word. Secara otomatis Joomla akan membersihkan markup-markup Microsoft Word yang tidak support dengan Joomla.
Selamat mencoba.

0 komentar:

Posting Komentar